3 (tiga) hal yang perlu Diingat agar Tidak Tersesat selama Umroh bersama Khalid Basalamah

Kota Mekah sebagai Tanah Suci yang dikunjungi lebih dari 1.000.000 (satu juta) jemaah setiap harinya, menjadikan kota ini menjadi salah satu kota yang tidak pernah mati. Kehiruk-pikukannya membuat Kota Mekah menjadi kota yang selalu sibuk, ramai;  namun betapa yang mengejutkan selalu penuh dengan kedamaian. Jutaan umat muslim berbondong-bondong datang ke sini tidak hanya untuk beribadah, namun juga mencari ketenangan diri dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Begitupula yang dirasakan para Jemaah Umroh bersama Khalid Basalamah. Sebagai pembimbing umroh atau Mutthowif, Khalid Basalamah tidak hanya akan memandu para jemaah untuk beribadah umroh sesuai Sunnah. Namun para Jemaah Umroh bersama KhalidBasalamah juga akan diberikan panduan spiritual seperti sejarah suatu tempat umroh di masa lampau, atau amalan-amalan apa yang baiknya dilakukan dalam rangka mencapai ridho Allah SWT selama berada di Tanah Suci. Bersama dengan ustadz Khalid Basalamah, jemaah Umroh bersama Khalid Basalamah  tidak akan dibiarkan sendiri dalam beribadah. Mereka akan dipandu  mulai dari hal-hal secara umum yang perlu diketahui oleh jemaah, sampai hal-hal kecil seperti pantangan dan lain sebagainya, diharapkan agar ibadah para jemaah bersama Khalid Basalamah menjadi lebih khusyuk. 

Namun, karena banyaknya jemaah umroh yang datang dari segala penjuru dunia, tidak sedikit jemaah Umroh bersama Khalid Basalamah  yang terkadang tersesat, baik saat sedang menjalani ibadah umroh atau saat berpergian di saat waktu luang.  Kebanyakan para jemaah  tersesat ketika menuju Masjidil Haram atau ketika akan kembali dari Masjidil Haram ke tempat penginapan. Tidak jarang jemaah Umroh bersama Khalid Basalamah tidak dapat menemukan tempat jemaah sholat sebelumnya ketika ditinggal sebentar untuk mencari makan khas Arab Saudi atau sekedar berjalan-jalan di sekitar Masjidil Haram. Untuk menghindari kejadian tersebut terulang kembali, berikut ada 3 (tiga) hal yang perlu jamaah ingat agar tidak tersesaat selama Umroh bersama Khalid Basalamah  


  1. Yang pertama dan utama adalah untuk selalu membawa kartu identitas Anda serta gelang tanda pengenal. Kedua benda tersebut adalah benda yang amat penting demi menjaga keamaanan para Jemaah Umroh bersama Khalid Basalamah, karena kedua benda tersebut dapat menunjukan identitas para jemaah apabila tersesat. 
  2. Jangan lupa untuk mengingat dan mencatat identitas penginapan atau tempat para Jemaah Umroh bersama Khalid Basalamah  tinggal. Catatlah identitas seperti nama hotel atau penginapan, alamat penginapan, nomer telfon resepsionis hotel atau tempat penginapan, bahkan sampai nomer kamar. Nomer kamar penting sekali diingat agar jemaah tidak tertukar kamar atau bisa memudahkan para jemaah untuk cepat kembali ke penginapan melalui bantuan dari petugas keamanan Saudi Arabia. Jika para jemaah tidak tahu alamat hotel tersebut, mereka bisa menanyakannya kepada tour guide atau para muthowwif mereka. Selain mencatat identitas hotel atau penginapan, penting bagi para jemaah untuk  menyimpan nomer ponsel kawan sehotel atau sepenginapan, ketua rombongan, atau kalau perlu nomer ponsel Khalid Basalamah sebagai muthawwif atau pembimbing umroh.  
  3. Ingat, jangan sekali-kali berpergian sendirian tanpa ditemani oleh mahram, ataupun teman satu rombongan. Perlu diperhatikan agar jemaah Khalid Basalamah selalu berpergian secara berkolompok atau berombongan. Bahkan ketika Jemaah Umroh bersama Khalid Basalamah  sekedar mencari makan disekeliling hotel ataupun penginapan sebaiknya pergi secara bersama-sama dan jangan sendirian. Akan sulit menemukan satu orang jemaah yang tersesat di kota asing yang mungkin belum pernah ia kunjungi sebelumnya, ditambah dengan kendala bahasa untuk berkomunikasi. Jika jemaah berpergian sendiri apalagi ketika ia baru pertama kali beribadah di Tanah Suci – apalagi jemaah tersebut seorang perempuan/akhwat, maka akan rawan sekali menjadi korban kriminal terutama kasus pelecehan seksual dikalangan wanita. Tips untuk jemaah wanita, jika ingin berpergian akan lebih baik secara berombongan besar dan ditemani laki-laki/ ikhwan.  


Selain 3 hal yang perlu  jemaah ingat selama Umroh bersama Khalid Basalamah, para jemaah juga harus menerapkan beberapa kiat agar Ibadah Umroh bersama Khalid Basalamah  Menjadi Lebih Khusyuk, yang akan dibahas dalam artikel selanjutnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

5 Fakta Menarik Tentang Turki Yang Harus Anda Tahu